06 April 2009

E-Learning Portal

Di tahun 2009 ini saya dan teman-teman JIS-DIJ mendapat proyek pekerjaan membuat e-learning untuk kantor Dinas Pendidikan Provinsi DIY (www.jogjabelajar.org), Dinas Pendidikan Kota Yogyakarta (www.jogjacerdas.org) dan BTKP Dinas Pendidikan Provinsi DIY dan ini merupakan ketiga kalinya BTKP membuat E-Learning.



Seperti yang sudah-sudah biasanya dalam membuat e-learning dibutuhkan waktu yang sangat panjang karena melibatkan banyak orang dalam mengerjakan. Setiap orang memiliki job description berbeda-beda sebut saja GBIPM bertugas memilih materi pelajaran yang akan disajikan. Storyboard bertugas membuat urut-urutan dalam mengajar, keahlian memvisualisasikan gambar dan animasi diperlukan untuk job description ini. Pengkaji Materi bertugas mengkaji kembali materi pelajaran apakah sudah sesuai dengan kurikulum saat ini. Pembuat Program bertugas membuat atau memasukkan konten pelajaran yang sudah berbentuk Storyboard ke aplikasi E-Learning (moodle). Draftmen Produksi bertugas membantu pembuat program menyiapkan gambar, icon, animasi atau potongan video. Pengkaji Media bertugas memeriksa/mengkaji hasil pekerjaan pembuat program, memberi saran perbaikan bila ditemui ketidak sesuaian dengan prinsip-prinsip pembelajaran berbasis ICT.

Tahap selanjutnya adalah sosialisasi dan pelatihan cara menggunakan e-learning tersebut. Sampai disini tentunya pekerjaan belum selesai karena kita perlu masukan dari pengguna e-learning tersebut yaitu siswa dan guru. Bebarapa permasalahan akan timbul dan ini membuat kita selalu mengupdate atau memperbaiki kesalahan materi pelajaran jika ditemukan.

Tentunya jika kita ingin membangun e-learning tidak harus menggunakan atau melibatkan banyak orang seperti diatas. Beberapa job description bisa dikerjakan oleh 1 orang saja, semua kembali ke kebutuhan kita dalam membangun e-learning. Seperti yang saya lakukan di SMK Muhammadiyah 3 Yogyakarta yang khusus menangani e-learning hanya 2 orang, Guru hanya ditugaskan menyiapkan materi pelajaran dalam bentuk dokumen Ms Word, Pdf, Video, Animasi dan Presentasi kemudian file-file tersebut kita olah kembali agar dapat dimasukkan ke web aplikasi e-learning (moodle). Guru yang tertarik dalam pengelolaan e-learning kita sediakan login khusus agar Guru tersebut dapat berkreasi dengan e-learningnya.

Tertarik bikin E-Learning Portal? ikuti terus artikel ini..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cari

Loading