20 Februari 2009

Seminar Internasional HUT ke-12 SEAMOLEC

Seminar ini diselenggarakan di POLISENI-P4TK Kesenian Yogyakarta bertemakan“Building Foundation for ICT-based Lifelong Learning through School Partnership”. Dalam seminar tersebut, SEAMOLEC juga akan meluncurkan dan memperkenalkan “Portal JENI dan blogguru.net”.


Dalam dua tahun terakhir SEAMOLEC telah melaksanakan beberapa program-program inovatif dalam upaya peningkatan kualitas pendidikan, baik di Indonesia maupun di kawasan Asia Tenggara. Salah satu program tersebut adalah pemberdayaan sekolah dan guru melalui beberapa program seperti pelatihan ICT untuk guru dan kemitraan sekolah-sekolah dan universitas di Indonesia dengan Asia Tenggara.

Seminar dihadiri Bapak Gatot HP selaku direktur SEMOLEC dan tamu undangan dari berbagai daerah dan beberapa tamu undangan dari negara Vietnam, Philipina dan Malaysia. Pada acara diskusi panel menampilkan beberapa praktisi IT/ICT antara lain Lukmanto(UGM), Cahya (JENI), Agus Maryono (UGM), Pan Van Que (HOU, Vietnam)

Setelah acara diskusi panel dilanjutkan dengan diskusi kelompok, membahas antara lain koordinasi kemitraan sekolah di luar negeri dan merumuskan plan kerjasama di tahun 2009 ini. Seminar ini diharapkan mampu memberikan deskripsi tentang pentingnya teknologi informasi komunikasi (TIK) dan media dalam pembelajaran yang aktif, inovatif efektif kreatif, dan menyenangkan, serta mendorong guru untuk mampu memanfaatkan TIK dalam pembelajaran. Oleh karena itu, dengan seminar ini, peserta diharapkan mampu:
1. Memanfaatkan TIK dalam pembelajaran.
2. Memahami kebijakan-kebijakan yang terkait dengan pemanfaatan TIK di sekolah.
3. Berperan aktif dalam kegiatan/program SEAMOLEC yang berbasis TIK dan pengembangan kualitas guru antara lain; Kemitraan sekolah dan universitas di Indonesia dengan Asia Tenggara, JARC (JENI ASEAN Research Centre), Portal JENI dan blogguru.net, Klinik pembelajaran, SEAQuest, SEA EduNet

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cari

Loading