21 Maret 2009

Facebook (si wajah buku)??

Siapa yang tidak kenal dengan situs jejaring sosial ini, popularitasnya boleh dibilang sudah mengalahkan Friendster. Boleh jadi anda tadinya tidak suka dengan situs jejaring sosial semacam ini. Tetapi dengan tidak sengaja pula mungkin sekarang anda sudah menjadi anggota Facebook. Apa kelebihan Facebook dibandingkan dengan situs jejaring sosial yang lain? Kelebihan yang paling utama adalah Facebook memiliki library API (application programming interface) sehingga memungkinkan para developer untuk membuat aplikasi mini atau widget yang nantinya bisa dipasang atau digunakan di Facebook itu sendiri. Berbeda dengan Friendster yang membutuhkan waktu yang amat lama untuk mengeluarkan suatu fitur baru, library API ini memungkinkan para developer untuk berkreasi sehingga secara tidak langsung membuat Facebook makin populer dan Facebook juga sangat user friendly.


Apakah Facebook bermanfaat buat anda?
Menurut pendapat pribadi saya... sekali lagi pendapat pribadi saya ya... situs-situs jejaring sosial tidak lebih hanya membuat kita semakin narsis saja he he he sori kalo tersinggung. Banyak waktu habis terbuang hanya dengan mengupdate profil pribadi menambah teman dan lain sebagainya. Waktu kita terbuang percuma hanya dengan kegiatan seperti itu, sementara pekerjaan kita sudah banyak menumpuk. Fenomena musiman, sebelum Facebook terkenal seperti sekarang ini Friendster juga telah sukses menjadi situs jejaring sosial. Konon Facebook lebih sukses karena tidak mudah dihack dan memiliki library API seperti dijelaskan diatas.

Facebook cocok buat siapa?
Seperti sekarang ini negara kita akan menyelenggarakan pamilu Facebook sangat cocok untuk menarik massa (bagi calon presiden atau caleg) kemudian untuk public relation dan memasarkan produk atau promosi (bagi pebisnis), dan tentunya bagi mereka yang mencari kesenangan semata di dunia maya. Bagi yang belum punya jodoh atau pasangan bisa memanfaatkan situs ini. Bagaimana dengan Guru/Siswa apakah bisa memanfaatkan Facebook sebagai alat bantu mengajar? Jawabannya mungkin saja bisa tergantung bagaimana kita mengemasnya. Bukankah sudah ada situs yang khusus digunakan untuk pendidikan, misalkan saja ThinkQuest dari Oracle Foundation.

Belakangan ini Facebook memang menjadi suatu epidemi di kalangan para pengguna internet. Sebelumnya, saya mengira yang lagi menjamur adalah handphone "BlackBerry" tapi di balik itu ternyata ada fenomena yang lain yaitu handphone "BlackBerry" itu dibeli demi bisa bermain "Facebook".

Sekarang ini rasanya jadi malu-maluin kalau nggak punya account Facebook. Nggak gaul... Kuno... gaptek... nggak zaman. Sekarang zamannya Facebook. Semua harus punya mulai dari kalangan remaja, selebritis, om-om, mbak-mbak, bapak-bapak, ibu-ibu rumah tangga, kakek-nenek hingga anak-anak SD.

Cukup sekian dulu ngomongin Facebooknya!!!

1 komentar:

Cari

Loading